Pusat Bantuan

Frequently Asked Questions (F.A.Q)

F.A.Q

Temukan jawaban atau solusi terkait permasalahan umum dalam operasi sistem aplikasi e-ZI.

  • Aplikasi e-ZI ini digunakan mulai dari tingkat unit kerja yang sedang melakukan pembangunan ZI, Tim Penilai Internal Eselon I untuk melakukan penilaian mandiri sebelum diusulkan ke Tim Penilai Internal, Inspektorat Mitra untuk melakukan pengawasan pembangunan ZI seperti asistensi, evaluasi, dan pemantauan serta Inspektorat V untuk melakukan pengawasan pembangunan ZI seperti pemantauan dan penilaian.

  • Cara mendapat user ID maupun hal-hal yang berhubungan dengan user baik itu registrasi, lupa password yaitu dengan melapor ke Tim Penilai Internal KKP (Inspektorat V) dan akan diteruskan kepada Programmer e-ZI sdr. Doni Wiryadinata.

    • Unit kerja memiliki kewenangan untuk mengisi kondisi dan dokumen pendukung pembangunan ZI sebelum dilakukan pengawasan oleh Auditor, mengupdate informasi umum unit kerja, serta mengunggah berita/narasi dan video profile kegiatan unit kerja yang berhubungan dengan pembangunan ZI
    • Unit kerja memiliki kewenangan untuk mengisi kondisi dan dokumen pendukung pembangunan ZI sebelum dilakukan pengawasan oleh Auditor, mengupdate informasi umum unit kerja, serta mengunggah berita/narasi dan video profile kegiatan unit kerja yang berhubungan dengan pembangunan ZI.
    • Inspektorat mitra memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan pembangunan ZI dengan melakukan pengujian pada kondisi dan dokumen pendukung, otorisasi persetujuan kesesuaian dokumen, serta menginput nilai dan rekomendasi.
    • Tim Penilai Internal KKP (Insepktorat V) memilki kewenangan melakukan pengujian pada kondisi dan dokumen pendukung, otorisasi persetujuan kesesuaian dokumen, serta menginput nilai.
  • Tampilan dashboard tergantung dari masing-masing user, namun secara umum yang dapat dilihat oleh seluruh user adalah grafik capaian seluurh unit kerja yang melakukan pembangunan ZI, baik itu yang telah berpredikat WBK/WBBM maupun dalam pembinaan mulai dari Tahun 2013, sosialisasi baik berupa kebijakan/peraturan/video-video/tagline terakit pembangunan ZI.

  • Ya, unit kerja dapat memantau secara rill time pelaksanaan pengawasan seperti notifikasi rekomendasi yang akan diterima oleh unit kerja apabila auditor menginput rekomendasi yang harus dipenuhi unit kerja dan notifikasi apabila dokumen pendukung yang disampaikan unit kerja belum sesuai sehingga ditolak oleh auditor. Selain itu capaian nilai selama progres pengawasan dapat dipantau secara rill time.

  • Tidak ada batasan besaran file yang diunggah, namun harus dipastikan file yang diunggah diberi nama secara benar sesuai file yang dibutuhkan dalam dokumen pendukung.

  • Terdapat dashboard tersendiri dalam penginputan LHKPN dan LHKASN, dengan mengisi jumlah pegawai keseluruhan di unit kerja, jumlah pegawai yang telah melapor LHKPN dan LHKASN. Begitupula dengan Persentase Tindak Lanjut Hasil Pengawasan, selain sudah tertuang dalam LKE, terdapat dashboard tersendiri dengan mengisi jumlah rekemondasi dan jumlah status tuntas.

  • Ya, hasil pengawasan tertuang dalam LKE yang dapat diunduh pada setiap komponen dan khusus penilaian oleh Tim Penilai Internal KKP bukti penilaian dituangkan dalam Berita Acara Penilaian.

  • Pada dashboard dapat dilihat capaian nilai dan keterangan status. Pada keterangan status, berwarna hijau dan tertulis Memenuhi Syarat WBK dan berwarna merah dengan tulisan Tidak Memenuhi Syarat Menuju WBk. Selain itu dalam menu Preview terdapat nama unit kerja dengan badge piagam.